TINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG KOTA PINTAR, MIP UNDANG PAKAR DARI MALAYSIA

Ki-Ka: Rindi Astika Yuliana (Moderator sekaligus Ketua HIMMIP), Dr. Jalaluddin Abdul Malek (Universitas Kebangsaan Malaysia), Dr. Sugiyanto, M.M (Direktur Sekolah Pascasarjana Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD”).

Dalam upaya memberikan pemahaman yang lebih utuh terkait dengan program Kota Pintar atau yang biasa dikenal dengan Smart City, Magister Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” hadirkan pakar smart city dari negeri jiran Malaysia, Dr. Jalaluddin Abdul Malek (Universitas Kebangsaan Malaysia). Dalam paparanya ia mengurai berbagai dasar yang melatar belakangi program smart city salah satunya adalah kebutuhan masyarakat kota. Masyarakat kota cenderung memilih yang simpel dalam berurusan dengan pemerintah sehingga desakan menghadirkan digitalisasi adalah sebuah keniscayaan.

Selain dilakukan secara offline, diskusi ini juga difasilitasi secara online yang dapat diikuti oleh warga dan civitas akademika dari berbagai daerah. Dato’ Malek (sapaan akrabnya) berpesan agar dalam melaksanakan program smart city tidak meniggalkan dan tidak melupakan sentuhan kemanusiaan yaitu rasa. Rasa humanisme harus tetap dikedapankan dan tidak diabaikan dalam memajukan kota.

Diakhir acara tidak lupa Direktur Pascasarjana yang juga Ketua Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan, Dr. Sugiyanto memberikan cinderamata sebagai kenang-kenangan kepada Dato’ Malek sebelum menutup acara secara resmi (ASM, 12/07/24)