INGIN CEPAT DAPAT GELAR MAGISTER, JALUR RPL MIP SOLUSINYA

Ingin mendapatkan Gelar Magister Ilmu Pemerintahan (M.I.P) dengan cepat, Program Magister Ilmu Pemerintahan memberikan solusinya. itulah sekelumit cerita yang disampaikan oleh Agus Margunaji, S.Pd., M.I.P dalam webinar yang ditaja oleh Himpunan Mahasiswa Magister Ilmu Pemerintahan (HIMMIP) Periode 2024-2025 pada Sabtu, 28 September 2024 secara daring. Dipilihnya diskusi online bertujuan untuk menjangkau banyak peserta tidak hanya yang tinggal dan berdomisili di Yogyakarta, namun juga untuk menjangkau peserta dari luar Yogyakarta dan luar jawa.

Rindi Astika Yuliana selaku Ketua HIMMIP Periode 2024-2025 bersama seluruh pengurus HIMMIP berkolaborasi bersama Pengelola Program Studi MIP menyampaikan bahwa Webinar yang bertemakan ” STRATEGI MENEMPUH PROGRAM MAGISTER TIDAK LEBIH DARI SATU TAHUN” sebagai pematik bagi mahasiswa dan masyarakat atau calon mahasiswa bahwa jika “ada niat pasti ada jalan”. Acara tersebut dibuka langsung oleh Direktur Pascasarjana STPMD ”APMD” Dr. Sugiyanto, M.M. Dalam sambutannya Pak Gi (sapaan akrabnya) menyampaikan rasa syukur dan terimakasih yang luar biasa karena Jalur RPL MIP STPMD”APMD” ternyata ada yang berhasil lulus dalam jangka waktu 11 bulan. Hal ini menunjukkan bahwa semangat yang tinggi didukung dengan usaha keras maka hasilnya tidak akan menghianati. Beliau juga menyampaikan komitmen penuh MIP untuk bisa semakin maju dan teman-teman yang saat ini sedang berproses di MIP untuk selalu bersemangat dan bisa banyak belajar dari kedua narasumber. Kedua narasumber (Pak Agus dan Bu Dwi) telah mampu membuktikan melalui langkah konkretnya dengan lulus S-2 melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) hanya dalam waktu 11 bulan.

Webinar kali ini banyak sekali memberikan inspirasi, dimana kedua narasumber yang merupakan alumni MIP jalur RPL dapat bercerita secara langsung bagaimana pengalaman dan prosesnya bisa menempuh studi S-2 hanya dalam jangka waktu 11 bulan. Pak Agus Margunaji, S.Pd., M.I.P dan Dwi Mulyani, S.Tr.,Gz., M.I.P selaku narasumber menyampaikan bahwa kunci sukses studi adalah antusiasme dalam belajar. “Ketika kita bersemangat, proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan juga produktif”, ungkap Bu Dwi yang saat ini bertugas di Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Penggunaan waktu dengan memprioritaskan hal hal yang mendukung perkuliahan seperti menulis dan membaca jurnal dan buku buku adalah langkah penting. “Meluangkan waktu secara teratur untuk mengerjakan tesis akan membantu menjaga momentum” kompak disampaikan oleh kedua narasumber. Dalam menentukan tema Penelitian dalam menyelesaikan Tugas Akhir akan sangat mendukung terselesaikanya materi tesis yang akan diangkat.

Kedua Narasumber menyarankan agar tema tesis diseuaikan dengan bidang pekerjaan atau minat kita, untuk mempermudah rangkaian proses nantinya. Tidak lupa kedua narasumber menyampakna bahwa tenaga pengajar di MIP sangat humble dan membimbing dalam setiap tahapan sehingga tidak “cul-culan”. Selain itu syarat-syarat seperti penulisan jurnal tidak boleh dikesampingkan, karena salah satu syarat bisa lulus di MIP adalah tulisan ilmiah dalam bentuk jurnal yang telah diterbitkan baik di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal International.

Kegiatan Webinar kali ini di moderatori oleh Abdul Heri atau biasa disapa Mas Heri sehingga webinar terasa hangat dan bersemangat dari awal higga akhir. Selaku moderator dalam rangkain webinar tersebut memberikan kesimpulan bahwa terkadang rasa lelah  menghampiri, jangan ragu untuk beristirahat sejenak, tapi ingatlah jangan lupa untuk memulai dan bersemangat kembali, demi gelar M.IP yang dinanti.(RIN, 28/09/2024)